Cara Menggambar: Ilustrasi Spot dan Ilustrasi Empty State

Bagian ini menjelaskan bagaimana cara ilustrator membuat Ilustrasi Spot dan Empty State yang sesuai dengan arahan produk dan brand, termasuk style, bentuk, pewarnaan, komposisi, ukuran, pencahayaan, dan bayangan ilustrasi.


Style Ilustrasi Spot dan Empty State

image 1

Style flat di Ilustrasi Spot dan Empty State secara umum dibentuk menggunakan bentuk yang geometris dengan ujung shape yang tumpul sebagai fondasinya. Namun, ilustrasi tidak boleh terlihat kaku saat menampilkan elemen manusia seperti tangan. Style ilustrasi ini membutuhkan perhatian khusus terutama dalam penerapan warna, agar memberi kedalaman dan pencahayaan yang dinamis pada sebuah objek ilustrasi.


Bentuk shape

Bentuk shape pada objek di Ilustrasi Spot dan Empty State harus terlihat simpel dan tidak memiliki detail yang kompleks. Sehingga, mudah dipahami pengguna atau audiens di dalam ukuran ilustrasi yang relatif kecil.

Simpel dan minimalis

Bentuk shape ilustrasi dibuat secara simpel, minimalis, dan sederhana dengan ujung shape yang rounded. Sehingga, membuat objek mudah dikenali dan dipahami oleh pengguna.
image 17

Detail ilustrasi

Ilustrasi memerlukan detail dalam memberikan kejelasan sebuah objek dan memberikan kesan realistis. Namun, pendekatan yang minimalis juga sangatlah penting. Sehingga dalam membuat objek, ilustrator perlu menghindari detail yang tidak penting yang berpotensi membuat ilustrasi menjadi terlalu kompleks. image 16

Lebih dari satu objek

Apakah Ilustrasi Spot dan Empty State dapat memuat lebih dari satu objek? Jawabannya iya, dengan kondisi: Satu objek tidak cukup dalam menginformasikan sebuah konteks. Objek lainnya berperan sebagai pendukung objek utama. Objek pendukung tidak boleh terlihat dominan Keseluruhan objek dapat menjadi satu kesatuan ilustrasi dalam berkomunikasi. image 18


Panduan warna

Bagian ini akan memandu illustrator dalam memadukan warna dan hal-hal yang dapat mendukung dalam pewarnaan ilustrasi yang tepat.

Kombinasi warna

Dalam fase pewarnaan ilustrasi, terkadang illustrator membutuhkan waktu untuk mendapatkan kombinasi warna yang tepat untuk ilustrasi. Gambar di bawah adalah contoh kemungkinan yang dapat digunakan agar fase pewarnaan ilustrasi lebih cepat. image 6

Kontras warna

Illustrator harus memperhatikan kontras warna dalam melakukan padu padan warna dari palet. Pastikan intersection setiap warna di objek ilustrasi memiliki value warna yang berbeda agar menciptakan kedalaman objek, pencahayaan yang dinamis, dan bayangan yang tepat. image 7

Kecerahan warna

Pastikan latar depan ilustrasi memiliki kecerahan warna yang cenderung tinggi dalam melakukan padu padan warna dari palet. Hindari penggunaan warna yang kusam dalam memadukan warna dari palet. Pastikan juga kecerahan warna tidak terlalu mencolok dan membuat mata lelah. Artboard 11 copy 4 1

Hindari warna gradasi

Hindari penerapan warna gradasi karena pendekatan pewarnaan seperti ini tidak sesuai dengan style ilustrasi dan tidak menciptakan pencahayaan yang dinamis, serta bayangan yang tepat untuk ilustrasi. Artboard 11 copy 2 2


Pencahayaan dan bayangan

Penerapan pencahayaan dan bayangan yang tepat di objek ilustrasi sangat penting untuk membentuk objek yang presisi, dalam, dan juga kontras. Selain itu, pencahayaan dan bayangan pada ilustrasi dapat membuat keseluruhan ilustrasi terasa hidup.

Struktur cahaya dan bayangan

Dalam penerapan pencahayaan dan bayangan di ilustrasi, illustrator harus paham elemen penting dalam pencahayaan dan bayangan, yakni light, base, dan shadow. Elemen-elemen ini membedakan penerapan warna pada objek ilustrasi. Catatan: Gambar di bawah adalah contoh pembagian elemen cahaya dan bayangan. Elemen optional dapat dihapus jika dirasa membuat ilustrasi terlihat kompleks. image 10

Pewarnaan cahaya dan bayangan

Palet yang digunakan pada ilustrasi dibuat khusus untuk memudahkan kita dalam menciptakan spektrum pencahayaan dan bayangan pada ilustrasi dengan tepat. Illustrator dapat dengan mudah memilih warna beserta turunan warnanya untuk membuat cahaya dan bayangan yang dinamis. Turunan warna pada palet dibuat dengan memperhatikan tingkatan saturasi dan hue dari setiap warna. image 12

Sumber cahaya dan jatuhnya bayangan

Posisi sumber cahaya akan menentukan jatuhnya bayangan pada objek ilustrasi. Posisi sumber cahaya harus di pojok atas objek ilustrasi dengan posisi yang tidak terlalu tinggi maupun rendah. Sehingga, menciptakan bayangan yang minimalis dan tidak terlalu besar di objek ilustrasi. image 14

Cahaya dan bayangan di variasi objek

Dalam menerapkan pencahayaan dan bayangan, illustrator tidak bisa menerapkan pendekatan yang selalu sama. Setiap objek memiliki bentuk, materi, dan permukaan yang berbeda. Hal-hal tersebut memengaruhi bagaimana cahaya dan bayangan berinteraksi dengan objek ilustrasi. image 11

Penerapan pencahayaan yang dinamis

Di dalam ruang yang lebih lebar seperti Ilustrasi Empty State, illustrator dapat mengeksplorasi penerapan pencahayaan dan bayangan yang tidak hanya berinteraksi dengan objek. Namun, juga berinteraksi dengan lingkungan yang bisa menciptakan suasana yang lebih dinamis dan terasa hidup. Gambar di bawah adalah contoh di mana sumber cahaya masuk dari sela-sela jendela kelas. image 16


Perspektif dan titik fokus

Penerapan perspektif dan titik fokus yang tepat pada Ilustrasi Spot dan Empty State akan membuat ilustrasi terasa seimbang, ringkas, dan mudah dipahami pengguna. Bagian ini akan menjelaskan penerapan perspektif dan titik fokus yang direkomendasikan.

Perspektif pada ilustrasi

Untuk Ilustrasi Spot dan Empty State, perspektif yang digunakan harus seimbang dan proporsional dari segi ukuran. Hindari penerapan arah angle ekstrem yang dapat mengakibatkan perspektif yang janggal dan memakan banyak ruang. image 16

Titik fokus

Titik fokus di ilustrasi adalah sebuah alat untuk meberikan petunjuk cepat kepada pengguna dalam memahami pesan atau objektif tertentu yang kita tekankan dalam komunikasi. Titik fokus ini bisa diciptakan melalui warna, ukuran, frame, elemen penunjang, dan lain-lain. image 11


Ukuran grid dan kanvas

Ukuran garis grid dan kanvas ilustrasi dapat membantu ilustrator dalam menghasilkan ilustrasi yang seimbang di berbagai bentuk objek, serta menciptakan ilustrasi yang simpel dan tidak kompleks.

Ukuran garis grid dan kanvas: Ilustrasi Spot

Group 40118 Group 40119

Ada dua jenis ukuran garis grid dan kanvas untuk Ilustrasi Spot, yakni:

  1. 84x84 pixel untuk ukuran besar
  2. 60x60 pixel untuk ukuran kecil

Implementasi variasi objek pada grid dan kanvas

image 11

Garis grid dan kanvas tidak bersifat membatasi dan kaku dalam pembuatan ilustrasi. Garis grid dan kanvas adalah garis bantu untuk menyeimbangkan ukuran objek ilustrasi, seperti persegi panjang vertikal, horizontal, kotak, maupun lingkaran. Terkadang, beberapa objek harus disesuaikan lebih besar dari garis grid karena memiliki jumlah ruang kosong (white space) yang luas.

Memadukan Ilustrasi Spot dengan ukuran teks

image 10

Untuk mengurangi kebingungan tentang penggunaan ukuran Ilustrasi Spot yang tepat, gambar di atas adalah contoh panduan memasangkan Ilustrasi Spot dengan teks di antarmuka untuk memastikan ukuran ilustrasi sesuai dengan konten teks.

Ukuran garis grid dan kanvas: Ilustrasi Empty States

image 15

Tidak ada ukuran garis grid yang pasti untuk Ilustrasi Empty State, namun Ilustrasi Empty State memiliki ukuran kanvas 120 pixel dengan bentuk lingkaran.