Prinsip komunikasi di panduan ini diturunkan langsung dari temuan perilaku pengguna. Karena itu, prinsip komunikasi sebaiknya menjadi hal utama yang harus diketahui dan dikuasai, serta wajib diterapkan dalam penyampaian pesan apa pun dalam produk. Jika sudah memahami dan mengilhami prinsip komunikasi, penulis akan lebih mudah untuk terjun ke panduan yang lebih rinci seperti Gaya Bahasa, Inklusivitas, dan lainnya.
Ada empat prinsip komunikasi agar pengguna produk dapat menerima dan mengerti tulisan kita dengan lebih baik:
Menulis dengan empati
Tulisan kita harus mencerminkan bahwa kita memahami tantangan yang dialami pengguna dan memberikan solusi atas tantangan tersebut.
Jelas dan ringkas
Tulisan kita harus dapat membantu pengguna memahami informasi penting dengan mudah, dalam waktu sesingkat-singkatnya.
Membimbing
Tulisan kita mengambil peran sebagai panduan, bukan perintah, sehingga lebih mengedepankan motivasi yang membangun kemandirian dan kepercayaan diri pengguna.
Menggunakan fakta
Tulisan kita harus didasarkan pada sumber informasi yang resmi atau tepercaya, sehingga memiliki kekuatan untuk dijadikan referensi atau source of truth bagi pengguna.