Anatomi
Jenis dan variasi
Passive Modal
Tidak membutuhkan aksi.
Transactional Modal
Membutuhkan aksi.
Scrollable Modal
Saat konten yang ditampilkan melebihi kontainer Modal.
Behaviors
Seek for attention
Modal muncul ketika ada informasi yang membutuhkan atensi atau konfirmasi dari pengguna untuk segera melakukan sebuah aksi tertentu.
Feedback
Modal muncul ketika ada informasi yang membutuhkan umpan balik dari pengguna sehingga proses yang sedang berjalan dapat berlanjut.
Progres
Modal muncul ketika ada informasi yang masih jadi bagian dari proses besar yang sedang berjalan.
Additional space
Modal muncul ketika ada informasi yang tidak bisa ditampilkan secara lengkap di suatu halaman namun membutuhkan tempat yang lebih luas dan dalam.
Panduan penggunaan
As support
Gunakan Modal sebagai komponen pendukung dari proses yang sedang berjalan dan jadikan Modal sebagai pendukung pengguna untuk sampai ke tujuan mereka.
Context first
Perhatikan konteks dan alur pengguna saat ingin menampilkan Modal.
Problem solving
Permudah alur pengguna sehingga memberikan solusi dari sebuah masalah atau informasi. Seperti nasihat yang satu ini, "No one likes to be interrupted, but if you must, make sure it’s worth the cost".
Panduan penulisan
Modal memiliki banyak jenis komponen yang memenuhi segala jenis konten. Sehingga, tidak ada batas karakter untuk tulisan. Namun, kami sarankan tetap berpedoman pada prinsip penulisan, yakni ringkas untuk memastikan keterbacaan tetap terjaga. Berikut panduan menulis untuk komponen ini.
Tentukan jenis pesan
Penulisan untuk Modal dimulai dengan menentukan jenis pesannya. Dengan menentukan jenis pesan, kita dapat memilih struktur pesan, gaya bahasa, serta jenis komponen yang pas agar tulisan dan visual saling bersinergi. Berikut beberapa jenis pesan yang dapat disampaikan melalui Modal:
Jenis Pesan | Keterangan | Panduan Penulisan |
---|---|---|
Konfirmasi | Meminta pengguna untuk mengonfirmasi aksi yang ingin dilakukan. | Instruktif |
Informasi | Membagikan informasi penting yang perlu diketahui pengguna. Bisa berupa pesan peringatan juga. | Membantu |
Kesalahan | Mengkomunikasikan informasi kritis tentang masalah yang perlu diselesaikan oleh pengguna sebelum mereka dapat melanjutkan aksi. | Mendukung |
Perhatikan struktur pesan
Berikut struktur pesan yang biasa digunakan untuk Modal:
Judul
-
Semua Modal harus memiliki judul. Judul mengkomunikasikan inti pesan, seperti hasil akhir, dampak, atau kesimpulan dari suatu aksi. Sebisa mungkin pengguna harus mengerti apa yang terjadi hanya dengan membaca judulnya.
-
Judul sebisa mungkin berupa kalimat lengkap (subjek + kata kerja), tidak menggunakan titik, dan menggunakan sentence case.
Deskripsi
-
Deskripsi atau subtitle biasanya berisi informasi tambahan atau konteks yang perlu diketahui pengguna untuk melanjutkan aksinya. Biasanya disertakan dengan alasan kenapa Modal muncul, apa yang pengguna harus lakukan, dan apa yang terjadi jika pengguna tidak melakukannya.
-
Deskripsi biasanya berupa kalimat lengkap (subjek + kata kerja + objek), menggunakan titik atau tanda baca berhenti lainnya di akhir kalimat, menggunakan sentence case. Hindari mengulangi konten dari judul.
Tombol
- Biasanya tombol berisi kata yang sama dengan yang disebutkan dalam judul. Misalnya, jika judul adalah "Kirim data," maka tombol tindakan utamanya adalah "Kirim".
- Gunakan kata kerja imperatif seperti "Simpan", "Hapus", atau "Kirim" untuk menggambarkan tindakan yang akan dilakukan oleh pengguna tersebut.
- Untuk beberapa kasus dan sifat produk, menggunakan kata yang ambigu seperti “Lanjut” tidak dihindari. Hal ini karena beberapa pengguna terintimidasi dengan kata kerja imperatif. Khususnya kata kerja imperatif yang negatif seperti “Hapus” dan “Tolak”. Sesuaikan dengan perilaku pengguna dan diskusikan dengan tim terutama Tim Riset.
Selaraskan dengan ilustrasi
-
Ilustrasi biasanya termasuk dalam komponen, namun bisa juga tidak termasuk. Diskusikan dengan tim terutama desainer dan ilustrator apakah ilustrasi dibutuhkan atau tidak.
-
Jika dibutuhkan, pesan yang ditampilkan bisa juga mendukung ilustrasi (atau sebaliknya). Biasanya ini dilakukan untuk mendukung keselarasan pesan dan visual atau untuk sekedar menyisipkan sedikit kesenangan atau delight.